Beranda | Artikel
Tetapnya Ilmu Berarti Tetapnya Agama dan Urusan Dunia
Jumat, 15 Juli 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Tetapnya Ilmu Berarti Tetapnya Agama dan Urusan Dunia adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis 14 Dzulhijjah 1443 H / 14 Juli 2022 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Tetapnya Ilmu Berarti Tetapnya Agama dan Urusan Dunia

Kita telah sampai pada segi keutamaan dan kemuliaan ilmu yang ke-114. Yaitu tetapnya ilmu berarti tetapnya agama dan urusan dunia kita.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan di segi keutamaan ilmu ini bahwa sesungguhnya menetapnya agama dan urusan dunia adalah dengan tetap adanya ilmu agama. Ketika ilmu agama hilang, maka dunia dan agama kita juga akan musnah. Karena tiang-tiang utama penopang agama dan urusan dunia kita adalah ilmu agama.

Imam Abu Abdurrahman Al-Auza’i berkata: “Al-Imam Ibnu Syihab Az-Zuhri Rahimahullah Ta’ala berkata:

الاعتصام بالسنة نجاة، والعلم يقبض قبضاً سريعاً، فَنَعشُ العلم ثبات الدين والدنيا، وفي ذهاب العلم ذهابُ ذلك كله

“Berpegang teguh dengan sunnah adalah keselamatan, dan ilmu agama akan dicabut dengan cepat pada diri manusia. Maka hidupnya ilmu berarti merupakan pertanda keteguhan agama dan urusan dunia kita. Sedangkan hilangnya ilmu berarti pertanda hilangnya semua hal tersebut (hilangnya dunia dan agama kita).”

Ini menggambarkan kepada kita tentang bagaimana keutamaan dan kemuliaan ilmu. Bahwa inilah yang menentukan keteguhan agama dan urusan dunia kita bisa berjalan dengan.

Dalam riwayat lain, dari Ibnu Syihab Az-Zuhri Rahimahullahu Ta’ala, dia berkata: “Sampai kepadaku dari seseorang bahwasannya para ulama dulunya mereka mengatakan ‘Berpegang teguh dengan sunnah itu adalah keselamatan, ilmu agama akan dihilangkan dari diri manusia dengan cepat. Maka hidupnya ilmu berarti keteguhan agama dan berjalannya urusan dunia. Tetapi hilangnya ilmu berarti hilangnya semua itu.”

Yang jelas ini menunjukkan bahwa tegaknya ilmu merupakan sebab yang menegakkan semua urusan dunia, apalagi urusan agama kita. Jelas sekali ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan ilmu agama.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51911-tetapnya-ilmu-berarti-tetapnya-agama-dan-urusan-dunia/